UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata Kuliah : IAD
Dosen
Pengampu : Drs. Abu Bakar, M.Pd
Oleh:
Nama : Herti Gustina
NIM :
A1B112005
Semester/Kelas : III/A
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
KEPENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2013
Jawablah
pertanyaan berikut dengan tepat, luas, benar, dan mendalam!
1. Jelaskan
hubungan mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dengan bidang ilmu yang Anda tekuni!
Jawaban:
Setiap
ilmu wajib untuk kita ketahui untuk memudahkan kita mengenal apa yang ada di
sekitar kita. Semua ilmu berkaitan erat dengan kehidupan manusia, termasuk juga
ilmu alamiah dasar. Dengan mengetahui tentang dasar-dasar tentang ilmu alam
setidaknya kita mengenal apa yang ada di sekitar kita. Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi juga dipengaruhi oleh pengetahuan-pengetahuan tentang
ilmu alam.
Dalam
kaitannya dengan ilmu bahasa dan sastra Indonesia, ilmu alamiah dasar berfungsi
untuk memberikan sarana bagi perkembangan bahasa dan sastra Indonesia. Seorang
penyair menciptakan karya sastranya dengan melihat apa yang ada di alam. Karya
sastra itu sendiri merupakan cerminan dari alam yang kita lihat dan kita
rasakan. Apabila seorang penyair memiliki banyak pengetahuan tentang alam, maka
akan semakin banyak pula ide-ide yang muncul untuk penciptaan karya sastranya.
IPA itu sendiri akan menghasilkan teknologi-teknologi yang dapat membantu dalam
perkembangan ilmu bahasa dan sastra. Misalnya saja dalam mengajar bahasa,
seorang guru menggunakan power point untuk memudahkan dalam menjelaskan materi
ajarnya. Power point dan semua perlengkapan yang mendukungnya tersebut
merupakan hasil dari IPA yang patut untuk kita ketahui untuk memajukan
pendidikan di negeri kita.
Dengan
kata lain ilmu alamiah dasar juga patut untuk kita ketahui sebagai mahasiswa
bahasa dan sastra Indonesia karena kita juga merupakan konsumen dari IPA. Dan
ilmu alamiah dasar dapat memberikan gambaran terhadap apa yang ada di alam kita
ini sehingga memunculkan hasil olahan bahasa berupa karya sastra, dan masih
banyak manfaat lainnya.
2. Jelaskan
perbedaan rasa ingin tahu antara binatang dengan manusia! Berikan contoh!
Jawaban:
Rasa
ingin tahu manusia lebih kepada cara untuk memuaskan kehidupannya. Dan hal itu
mengakibatkan manusia cenderung untuk selalu berpikir. Kegiatan berpikir
manusia dimulai dengan rasa ingin tahu yang dilanjutkan dengan adanya daya
pikir untuk mengetahui apa yang ingin ia ketahui. Rasa keingintahuan manusia
mengalami perkembangan yang signifikan. Manusia adalah makhluk yang memiliki
rasa keingintahuan yang tinggi. Dalam keingintahuannya, manusia senantiasa
berfikir untuk menemukan jawaban dari apa yang ingin ia ketahui. Manusia memiliki
rasa keingintahuan terhadap apa yang ia dengar, lihat, dan rasakan. Dari sana
daya pikir manusia berkembang hingga menghasilkan hasil budi daya. Rasa ingin
tahu manusia ini mendorongnya untuk mengilhami dan menjelaskan gejala-gejala
alam, baik alam besar (makrokosmos) maupun alam kecil (mikrokosmos), serta
berusaha memecahkan masalah yang dihadapinya. Dari dorongan rasa ingin tahu dan
usaha untuk memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi, akhirnya manusia
dapat mengumpulkan pengetahuan. Contohnya: Manusia selalu ingin tahu tentang
apa yang ada di sekitarnya, bahkan ia ingin tahu apa yang ada pada dirinya,
misalnya saja manusia ingin tahu cara membebaskan mereka dari penyakit, maka
dari rasa keingintahuannya itu muncullah obat-obatan yang berasal dari hasil
budi daya atau olah pikir manusia.
Rasa
ingin tahu pada binatang hanya terbatas
pada instink. Pada hewan usaha untuk eksplorasi ke alam sekitar didorong oleh
instink yang terpusat pada usaha untuk mempertahankan dan melangsungkan
kehidupannya. Rasa ingin tahu pada hewan tidak menghasilkan sesuatu yang baru
karena hewan hanya melakukan sesuatu yang biasa ia lakukan. Oleh karena hal
tersebut dalam kehidupannya pada hewan hanya terjadi hal-hal yang sama dan tiak
ada pembaharuan. Misalnya burung pipit membuat sarang dengan bentuk yang sama
dan tidak ada inovasi untuk membuat sarang dalam bentuk yang lain. Dan hewan
berpindah ke tempat yang subur merupakan gerakan dari instink untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya, dimana ia mencari tempat yang mempunyai
persediaan makanan yang lebih banyak untuknya.
3. Jelaskan
kenapa pada zaman modern mitos masih berkembang dalam masyarakat kita? Berikan
contoh sebuah mitos di lingkungan Anda yang dipercaya oleh masyarakat setempat!
Jawaban:
Karena
pada zaman modern pengetahuan manusia masih terbatas. Kemampuan untuk menjawab
dan menjelaskan setiap rasa ingin tahu masih banyak menggunakan imajinasi
karena belum diperolehnya bukti yang dapat memecahkan cerita-cerita dari mitos
tersebut. Keterbatasan pengetahuan, penalaran, dan penglihatan manusia itulah
yang memunculkan mitos-mitos sebagai jawaban sementara dari rasa keingintahuan
manusia. Manusia dalam memuaskan rasa keingintahuannya kemudian menciptakan
dongeng-dongeng sebagai jawaban atas apa yang ingin ia ketahui. Keterbatasan
daya pikir manusia mengakibatkan munculnya daya pikir yang irasional. Daya
pikir yang irasional tersebut mengakibatkan munculnya mitos yang menghubungkan
jawaban atas rasa ingin tahu dengan makhluk ghaib atau sesuatu yang tidak bisa
diterima oleh daya pikir manusia.
Contoh
mitos yang berkembang di daerah Kerinci yaitu:
Sebagian
dari penduduk Kerinci masih mempercayai asap kemenyan sebagai obat dari
penyakit. Konon katanya anak-anak atau orang dewasa yang sakit disebabkan
adanya gangguan dari makhluk halus yang tidak sengaja disenggol atau dilempar
oleh manusia. Kemudian makhluk halus tersebut marah dan membuat seseorang
menjadi jatuh sakit. Selanjutnya orang yang sakit tersebut diasapi dengan asap
pembakaran kemenyan dengan dibacakan zikir dan lain sebagainya. Pengasapan
tersebut biasanya dilakukan pada sore menjelang maghrib. Pengobatan yang
demikian masih banyak dipercayai oleh masyarakat Kerinci karena dianggap ampuh
dalam mengobati penyakit-penyakit ringan tersebut.
4. Sebagai
calon guru, pelajaran apa yang dapat diambil dari perjuangan Nicolas Copernicus
dan gurunya dalam upaya mempertahankan teori Heliosentris dan berikan contoh!
Jawaban:
Sebagai
calon guru, kita dapat meneladani kerja keras Nikolas Copernicus dalam
memperjuangkan teori Heliosentris. Teori Heliosentris berhasil mematahkan teori
geosentris setelah mengalami berbagai kecaman bahwa teori heliosentris
merupakan suatu kekeliruan. Pada zaman itu orang lebih mempercayai teori
geosentris yang menganggap bahwa bumi sebagai pusat tata surya dengan matahari
dan planet-planet. Nikolas Copernicus dengan berani mencetuskan teori heliosentris
yang menyatakan bahwa:
-
Matahari adalah
pusat dari sistem solar, dimana sistem itu bumi adalah salah satu planet-planet
lain yang beredar mengelilingi matahari.
-
Bulan beredar
mengelilingi bumi dan bersama bumi mengelilingi matahari.
-
Bumi berputar
pada porosnya dari barat ke timur yang mengakibatkan adanya siang dan malam dan
pandangan gerakan bintang-bintang.
Teori yang dikemukakan oleh Nikolas
sangat bertentangan dengan teori lama yang telah mendapat justifikasi dari
penguasa. Hal itu mengakibatkan teori itu sulit untuk diterima dan dianggap
menyesatkan. Namun Nikolas dengan gigihnya mempertahankan teori yang telah ia
cetuskan dengan melakukan pengamatan dan penelitian untuk mencari bukti atas
teori yang telah ia cetuskan. Ia terus mengumpulkan bukti hingga teorinya
tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Jadi sebagai calon guru, dalam
mengemukakan teori atau pendapat kita hendaknya mengemukakan juga bukti yang
terkait. Dalam hal itu, kita tidak boleh putus asa dalam mencari suatu
kebenaran terhadap teori sampai teori kita tersebut memang benar-benar bisa
untuk dipertanggungjawabkan.
5. Coba
cari di koran, majalah, dan lain-lain tentang sebuah horoskop. Ambillah yang
cocok dengan tanggal lahir anda. Copy atau sunting horoskop tersebut dan tempel
di lembar jawaban dan coba analisis ramalan yang dikemukakannya. Kemudian
hubungkan dengan kenyataan hidup yang anda alami. Kesimpulan apa yang anda
ketahui?
Jawaban:
Dalam
horoskop di atas kebenarannya belum dapat dikatakan ilmiah, karena apa yang
dikatakan pada horoskop itu bisa menjadi benar dan bisa juga salah. Di dalam
horoskop tersebut juga tidak dapat dibuktikan secara benar dalam kehidupan sehari-hari.
Misalnya di atas dikatakan “Dalam satu dua hari ini, situasinya kurang
menguntungkan Anda dan bisa ada masalah di lingkungan Anda. Tapi tetaplah
konsentrasi pada apa yang menjadi tanggung jawab Anda”, hal yang disebutkan di
atas tidak terjadi pada diri saya. Pada hari tersebut saya tidak disinggahi
masalah yang membuat waktu dan pikiran saya menjadi tersita. Dalam hidup sudah
lazimnya terdapat masalah, namun bagaimana kita menyikapi suatu masalah
tersebut adalah permasalahannya. Dan apa
yang menjadi tanggung jawab kita tentunya wajib untuk berkonsentrasi
terhadapnya. Selanjutnya dikatakan “Pengeluaran bisa banyak di awal minggu ini,
atur keuangan Anda.” Sebagai mahasiswa keuangan memang masalah yang sering
dialami dan kesulitan terbesarnya adalah dalam mengatur keuangan. Dan di sana
juga dikatakan “Kesehatan kurang baik. Asmara jangan mudah bimbang.” Dalam hal
kesehatan ramalan tersebut tidak tepat dalam kehidupan nyata saya pada saat
itu, karena seperti yang saya alami pada minggu-minggu itu kesehatan saya tidak
terganggu. “Hari baik Senin”, hari apapun adalah hari baik selagi kita bisa
mengatur hari-hari kita dengan kegiatan-kegiatan yang baik dan bermanfaat.
“Angka bahagia 6-1” tentang hal ini saya kurang mengerti dalam menggunakannya,
jadi belum terpengaruh terhadap kehidupan saya.
Kesimpulannya
horoskop tidak bisa kita katakan ilmiah karena tidak ada bukti yang dapat
membenarkan hal tersebut. Kita tidak bisa percaya betul pada horoskop karena
hal tersebut bisa saja benar atau bisa juga salah.
6. Carilah
sebuah masalah IPA yang ada di lingkungan anda. Buatlah langkah-langkah
personal metode ilmiah untuk memecahkan masalah tersebut!
Jawaban:
Masalah
IPA yang sering kita temukan dalam lingkungan sehari-hari yaitu masalah polusi
udara oleh sisa pembakaran yang tidak sempurna.
Langkah-langkah
personal metode ilmiah untuk memecahkan masalah tersebut yaitu sebagai berikut.
1) Perumusan
masalah
-
Apa yang
menyebabkan terjadinya polusi udara?
-
Mengapa polusi
udara menjadi masalah dalam kehidupan?
-
Bagaimana cara
mengatasi masalah polusi udara?
2) Penyusunan
hipotesis
Polusi
udara merupakan masalah yang banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Polusi udara terjadi akibat sisa pembakaran yang tidak sempurna, misalnya
karena asap kendaraan atau asap pembakaran dari pabrik-pabrik. Hal itu dapat
menyababkan tercemarnya udara atau yang biasa disebut polusi udara yang dampaknya dapat merusak lapisan ozon
sehingga terjadinya pemanasan global yang menyebabkan mencairnya es di kutub
dan berkurangnya daratan di bumi. Itu merupakan bencana bagi manusia yang
menghuni bumi.
Menyikapi
hal tersebut, maka permasalahan tersebut hendaknya dicarikan jalan keluar. Kita
memang tidak bisa menghentikan terjadinya polusi udara karena kegiatan manusia
pastinya dapat merusak lingkungan, tetapi hal yang dapat kita lakukan untuk
menghambat terjadinya pemanasan global yaitu dengan mengurangi penggunaan
kendaraan bermotor dan mengurangi pembanguan pabrik yang dapat merusak
lingkungan.
3) Pengujian
Hipotesis
Survei
membuktikan bahwa pengurangan penggunaan kendaraan bermotor dapat menghambat
berkembangnya polusi udara karena sumber dari terjadinya polusi udara adalah
sisa pembakaran yang tidak sempurna yang berasal dari kendaraan bermotor.
Penggunaan sepeda motor dapat kita alihkan pada penggunaan sepeda. Penggunaan
sepeda dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan kendaraan
bermotor.
4) Penarikan
kesimpulan
Polusi
udara merupakan hal yang dekat pada kehidupan manusia. Polusi udara dapat
menyebabkan rusaknya lapisan ozon yang mengakibatkan pemanasan global dan
mencairnya es di kutub sehingga bagian daratan bumi menjadi berkurang. Polusi
udara itu diakibatkan oleh sisa pembakaran yang tidak sempurna oleh kendaraan
bermotor dan asap pabrik-pabrik. Polusi udara tidak dapat kita hentikan, tapi
dapat kita hambat dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan
pengurangan pembangunan pabrik-pabrik yang dapat mencemari lingkungan. Dalam
hal ini penggunaan kendaraan bermotor dapat kita alihkan dengan menggunakan
sepeda. Penggunaan sepeda lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan
sepeda motor. Jadi polusi udara dapat kita hambat dengan mengalihkan pada
penggunaan sepeda yang lebih ramah lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar