Sabtu, 17 Desember 2016

ILMU ALAMIAH DASAR



UJIAN TENGAH SEMESTER


Mata Kuliah                : IAD
Dosen Pengampu        : Drs. Abu Bakar, M.Pd


Oleh:
Nama                           : Herti Gustina
NIM                            : A1B112005
Semester/Kelas            : III/A


PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2013



Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat, luas, benar, dan mendalam!
1.      Jelaskan hubungan mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dengan bidang ilmu yang Anda tekuni!
Jawaban:
Setiap ilmu wajib untuk kita ketahui untuk memudahkan kita mengenal apa yang ada di sekitar kita. Semua ilmu berkaitan erat dengan kehidupan manusia, termasuk juga ilmu alamiah dasar. Dengan mengetahui tentang dasar-dasar tentang ilmu alam setidaknya kita mengenal apa yang ada di sekitar kita. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga dipengaruhi oleh pengetahuan-pengetahuan tentang ilmu alam.
Dalam kaitannya dengan ilmu bahasa dan sastra Indonesia, ilmu alamiah dasar berfungsi untuk memberikan sarana bagi perkembangan bahasa dan sastra Indonesia. Seorang penyair menciptakan karya sastranya dengan melihat apa yang ada di alam. Karya sastra itu sendiri merupakan cerminan dari alam yang kita lihat dan kita rasakan. Apabila seorang penyair memiliki banyak pengetahuan tentang alam, maka akan semakin banyak pula ide-ide yang muncul untuk penciptaan karya sastranya. IPA itu sendiri akan menghasilkan teknologi-teknologi yang dapat membantu dalam perkembangan ilmu bahasa dan sastra. Misalnya saja dalam mengajar bahasa, seorang guru menggunakan power point untuk memudahkan dalam menjelaskan materi ajarnya. Power point dan semua perlengkapan yang mendukungnya tersebut merupakan hasil dari IPA yang patut untuk kita ketahui untuk memajukan pendidikan di negeri kita.
Dengan kata lain ilmu alamiah dasar juga patut untuk kita ketahui sebagai mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia karena kita juga merupakan konsumen dari IPA. Dan ilmu alamiah dasar dapat memberikan gambaran terhadap apa yang ada di alam kita ini sehingga memunculkan hasil olahan bahasa berupa karya sastra, dan masih banyak manfaat lainnya.

2.      Jelaskan perbedaan rasa ingin tahu antara binatang dengan manusia! Berikan contoh!
Jawaban:
Rasa ingin tahu manusia lebih kepada cara untuk memuaskan kehidupannya. Dan hal itu mengakibatkan manusia cenderung untuk selalu berpikir. Kegiatan berpikir manusia dimulai dengan rasa ingin tahu yang dilanjutkan dengan adanya daya pikir untuk mengetahui apa yang ingin ia ketahui. Rasa keingintahuan manusia mengalami perkembangan yang signifikan. Manusia adalah makhluk yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Dalam keingintahuannya, manusia senantiasa berfikir untuk menemukan jawaban dari apa yang ingin ia ketahui. Manusia memiliki rasa keingintahuan terhadap apa yang ia dengar, lihat, dan rasakan. Dari sana daya pikir manusia berkembang hingga menghasilkan hasil budi daya. Rasa ingin tahu manusia ini mendorongnya untuk mengilhami dan menjelaskan gejala-gejala alam, baik alam besar (makrokosmos) maupun alam kecil (mikrokosmos), serta berusaha memecahkan masalah yang dihadapinya. Dari dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi, akhirnya manusia dapat mengumpulkan pengetahuan. Contohnya: Manusia selalu ingin tahu tentang apa yang ada di sekitarnya, bahkan ia ingin tahu apa yang ada pada dirinya, misalnya saja manusia ingin tahu cara membebaskan mereka dari penyakit, maka dari rasa keingintahuannya itu muncullah obat-obatan yang berasal dari hasil budi daya atau olah pikir manusia.
Rasa ingin tahu pada binatang  hanya terbatas pada instink. Pada hewan usaha untuk eksplorasi ke alam sekitar didorong oleh instink yang terpusat pada usaha untuk mempertahankan dan melangsungkan kehidupannya. Rasa ingin tahu pada hewan tidak menghasilkan sesuatu yang baru karena hewan hanya melakukan sesuatu yang biasa ia lakukan. Oleh karena hal tersebut dalam kehidupannya pada hewan hanya terjadi hal-hal yang sama dan tiak ada pembaharuan. Misalnya burung pipit membuat sarang dengan bentuk yang sama dan tidak ada inovasi untuk membuat sarang dalam bentuk yang lain. Dan hewan berpindah ke tempat yang subur merupakan gerakan dari instink untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, dimana ia mencari tempat yang mempunyai persediaan makanan yang lebih banyak untuknya.

3.      Jelaskan kenapa pada zaman modern mitos masih berkembang dalam masyarakat kita? Berikan contoh sebuah mitos di lingkungan Anda yang dipercaya oleh masyarakat setempat!
Jawaban:
Karena pada zaman modern pengetahuan manusia masih terbatas. Kemampuan untuk menjawab dan menjelaskan setiap rasa ingin tahu masih banyak menggunakan imajinasi karena belum diperolehnya bukti yang dapat memecahkan cerita-cerita dari mitos tersebut. Keterbatasan pengetahuan, penalaran, dan penglihatan manusia itulah yang memunculkan mitos-mitos sebagai jawaban sementara dari rasa keingintahuan manusia. Manusia dalam memuaskan rasa keingintahuannya kemudian menciptakan dongeng-dongeng sebagai jawaban atas apa yang ingin ia ketahui. Keterbatasan daya pikir manusia mengakibatkan munculnya daya pikir yang irasional. Daya pikir yang irasional tersebut mengakibatkan munculnya mitos yang menghubungkan jawaban atas rasa ingin tahu dengan makhluk ghaib atau sesuatu yang tidak bisa diterima oleh daya pikir manusia.
Contoh mitos yang berkembang di daerah Kerinci yaitu:
Sebagian dari penduduk Kerinci masih mempercayai asap kemenyan sebagai obat dari penyakit. Konon katanya anak-anak atau orang dewasa yang sakit disebabkan adanya gangguan dari makhluk halus yang tidak sengaja disenggol atau dilempar oleh manusia. Kemudian makhluk halus tersebut marah dan membuat seseorang menjadi jatuh sakit. Selanjutnya orang yang sakit tersebut diasapi dengan asap pembakaran kemenyan dengan dibacakan zikir dan lain sebagainya. Pengasapan tersebut biasanya dilakukan pada sore menjelang maghrib. Pengobatan yang demikian masih banyak dipercayai oleh masyarakat Kerinci karena dianggap ampuh dalam mengobati penyakit-penyakit ringan tersebut.

4.      Sebagai calon guru, pelajaran apa yang dapat diambil dari perjuangan Nicolas Copernicus dan gurunya dalam upaya mempertahankan teori Heliosentris dan berikan contoh!
Jawaban:
Sebagai calon guru, kita dapat meneladani kerja keras Nikolas Copernicus dalam memperjuangkan teori Heliosentris. Teori Heliosentris berhasil mematahkan teori geosentris setelah mengalami berbagai kecaman bahwa teori heliosentris merupakan suatu kekeliruan. Pada zaman itu orang lebih mempercayai teori geosentris yang menganggap bahwa bumi sebagai pusat tata surya dengan matahari dan planet-planet. Nikolas Copernicus dengan berani mencetuskan teori heliosentris yang menyatakan bahwa:
-          Matahari adalah pusat dari sistem solar, dimana sistem itu bumi adalah salah satu planet-planet lain yang beredar mengelilingi matahari.
-          Bulan beredar mengelilingi bumi dan bersama bumi mengelilingi matahari.
-          Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur yang mengakibatkan adanya siang dan malam dan pandangan gerakan bintang-bintang.
Teori yang dikemukakan oleh Nikolas sangat bertentangan dengan teori lama yang telah mendapat justifikasi dari penguasa. Hal itu mengakibatkan teori itu sulit untuk diterima dan dianggap menyesatkan. Namun Nikolas dengan gigihnya mempertahankan teori yang telah ia cetuskan dengan melakukan pengamatan dan penelitian untuk mencari bukti atas teori yang telah ia cetuskan. Ia terus mengumpulkan bukti hingga teorinya tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Jadi sebagai calon guru, dalam mengemukakan teori atau pendapat kita hendaknya mengemukakan juga bukti yang terkait. Dalam hal itu, kita tidak boleh putus asa dalam mencari suatu kebenaran terhadap teori sampai teori kita tersebut memang benar-benar bisa untuk dipertanggungjawabkan.

5.      Coba cari di koran, majalah, dan lain-lain tentang sebuah horoskop. Ambillah yang cocok dengan tanggal lahir anda. Copy atau sunting horoskop tersebut dan tempel di lembar jawaban dan coba analisis ramalan yang dikemukakannya. Kemudian hubungkan dengan kenyataan hidup yang anda alami. Kesimpulan apa yang anda ketahui?
Jawaban:







Dalam horoskop di atas kebenarannya belum dapat dikatakan ilmiah, karena apa yang dikatakan pada horoskop itu bisa menjadi benar dan bisa juga salah. Di dalam horoskop tersebut juga tidak dapat dibuktikan secara benar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya di atas dikatakan “Dalam satu dua hari ini, situasinya kurang menguntungkan Anda dan bisa ada masalah di lingkungan Anda. Tapi tetaplah konsentrasi pada apa yang menjadi tanggung jawab Anda”, hal yang disebutkan di atas tidak terjadi pada diri saya. Pada hari tersebut saya tidak disinggahi masalah yang membuat waktu dan pikiran saya menjadi tersita. Dalam hidup sudah lazimnya terdapat masalah, namun bagaimana kita menyikapi suatu masalah tersebut adalah permasalahannya.  Dan apa yang menjadi tanggung jawab kita tentunya wajib untuk berkonsentrasi terhadapnya. Selanjutnya dikatakan “Pengeluaran bisa banyak di awal minggu ini, atur keuangan Anda.” Sebagai mahasiswa keuangan memang masalah yang sering dialami dan kesulitan terbesarnya adalah dalam mengatur keuangan. Dan di sana juga dikatakan “Kesehatan kurang baik. Asmara jangan mudah bimbang.” Dalam hal kesehatan ramalan tersebut tidak tepat dalam kehidupan nyata saya pada saat itu, karena seperti yang saya alami pada minggu-minggu itu kesehatan saya tidak terganggu. “Hari baik Senin”, hari apapun adalah hari baik selagi kita bisa mengatur hari-hari kita dengan kegiatan-kegiatan yang baik dan bermanfaat. “Angka bahagia 6-1” tentang hal ini saya kurang mengerti dalam menggunakannya, jadi belum terpengaruh terhadap kehidupan saya.
Kesimpulannya horoskop tidak bisa kita katakan ilmiah karena tidak ada bukti yang dapat membenarkan hal tersebut. Kita tidak bisa percaya betul pada horoskop karena hal tersebut bisa saja benar atau bisa juga salah.

6.      Carilah sebuah masalah IPA yang ada di lingkungan anda. Buatlah langkah-langkah personal metode ilmiah untuk memecahkan masalah tersebut!
Jawaban:
Masalah IPA yang sering kita temukan dalam lingkungan sehari-hari yaitu masalah polusi udara oleh sisa pembakaran yang tidak sempurna.
Langkah-langkah personal metode ilmiah untuk memecahkan masalah tersebut yaitu sebagai berikut.
1)      Perumusan masalah
-          Apa yang menyebabkan terjadinya polusi udara?
-          Mengapa polusi udara menjadi masalah dalam kehidupan?
-          Bagaimana cara mengatasi masalah polusi udara?
2)      Penyusunan hipotesis
Polusi udara merupakan masalah yang banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Polusi udara terjadi akibat sisa pembakaran yang tidak sempurna, misalnya karena asap kendaraan atau asap pembakaran dari pabrik-pabrik. Hal itu dapat menyababkan tercemarnya udara atau yang biasa disebut polusi udara  yang dampaknya dapat merusak lapisan ozon sehingga terjadinya pemanasan global yang menyebabkan mencairnya es di kutub dan berkurangnya daratan di bumi. Itu merupakan bencana bagi manusia yang menghuni bumi.
Menyikapi hal tersebut, maka permasalahan tersebut hendaknya dicarikan jalan keluar. Kita memang tidak bisa menghentikan terjadinya polusi udara karena kegiatan manusia pastinya dapat merusak lingkungan, tetapi hal yang dapat kita lakukan untuk menghambat terjadinya pemanasan global yaitu dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan mengurangi pembanguan pabrik yang dapat merusak lingkungan.
3)      Pengujian Hipotesis
Survei membuktikan bahwa pengurangan penggunaan kendaraan bermotor dapat menghambat berkembangnya polusi udara karena sumber dari terjadinya polusi udara adalah sisa pembakaran yang tidak sempurna yang berasal dari kendaraan bermotor. Penggunaan sepeda motor dapat kita alihkan pada penggunaan sepeda. Penggunaan sepeda dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan kendaraan bermotor.
4)      Penarikan kesimpulan
Polusi udara merupakan hal yang dekat pada kehidupan manusia. Polusi udara dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon yang mengakibatkan pemanasan global dan mencairnya es di kutub sehingga bagian daratan bumi menjadi berkurang. Polusi udara itu diakibatkan oleh sisa pembakaran yang tidak sempurna oleh kendaraan bermotor dan asap pabrik-pabrik. Polusi udara tidak dapat kita hentikan, tapi dapat kita hambat dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan pengurangan pembangunan pabrik-pabrik yang dapat mencemari lingkungan. Dalam hal ini penggunaan kendaraan bermotor dapat kita alihkan dengan menggunakan sepeda. Penggunaan sepeda lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan sepeda motor. Jadi polusi udara dapat kita hambat dengan mengalihkan pada penggunaan sepeda yang lebih ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar