04-03-2013
Membuat Paragraf
Kalimat
utama: Mahasiswa kelas ini rajin membersihkan ruang kuliah.
Mahasiswa
kelas ini rajin membersihkan ruang kuliah. Rasa keprihatinan terhadap ruang
kuliah yang kotor mendorong para mahasiswa untuk membersihkan ruangan tersebut.
Ruang kuliah yang tidak nyaman dapat mengganggu keefektifan dalam perkuliahan.
Rasa tanggung jawab dan cinta terhadap lingkungan yang menyadarkan mahasiswa
bahwa membersihkan ruang kuliah bukan hanya tugas petugas atau pelayan kampus,
melainkan juga tugas semua orang yang mendiami kampus tersebut.
11-03-2013
Perbaikan paragraf
Mahasiswa
kelas ini rajin membersihkan ruang kuliah. Meja dan kursi ditatanya dengan
rapi. Lantai disapu sehingga menjadi bersih. Debu pada cermin dibersihkan
hingga mengkilap. Papan tulis yang sudah dicoret-coret dibersihkan. Setelah
disapu, lantai kelas dipel sehingga kelas tersebut menjadi rapi dan nyaman.
18-03-2013
Inti pikiran utama dan kalimat
utama
Inti
pikiran utama
Kondisi
buruk pendidikan secara umum di negara Indonesia.
Kalimat
utama
Secara
umum kondisi pendidikan di negara Indonesia masih buruk.
25-03-2013
Inti pikiran penjelas
-
Pendidikan belum
merata
-
Sarana dan
prasarana belum terpenuhi
-
Sistem
pendidikan belum terlaksanakan dengan baik
-
Guru dan murid
malas mengerjakan tugas
-
Pembelajaran
yang kurang efektif
Paragraf
Secara umum, kondisi pendidikan di
negara Indonesia masih buruk. Di daerah terpencil pendidikan belum didapat
secara merata. Sarana dan prasarana pendidikan belum dapat dirasakan
sepenuhnya. Sistem pendidikan belum dilaksanakan sesuai dengan yang telah
ditetapkan. Masih banyak guru yang malas melakukan tugasnya begitu pula pun
pada siswa malas mengerjakan tugas yang telah diberikan. Keadaan pendidikan
yang seperti itu membuat proses belajar mengajar menjadi tidak efektif.
08-04-2013
Paragraf
Argumentasi
Inti pikiran utama: Pelaksanaan pendidikan harus berkualitas
Agar
mendapatkan generasi muda yang terampil dan berkualitas,
maka pelaksanaan pendidikan juga harus berkualitas. Sarana dan prasarana harus
dilengkapi, pendidik dan tenaga kependidikan
haruslah disiplin dan profesional, dan kenyamanan dalam belajar haruslah
diciptakan. Sarana dan prasarana yang kurang lengkap dapat menghambat jalannya
proses pendidikan. Misalnya saja gedung belajar yang tidak layak pakai. Apabila
siswa-siswa belajar di gedung tersebut, maka akan timbul ketidak nyamanan dalam
belajar sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak efektif. Begitu juga
halnya dengan seorang guru yang tidak disiplin dan tidak profesional dapat
memberikan dampak negatif terhadap anak didiknya.
Catatan: Usahakan dalam satu kalimat
tidak ada kata yang sama.
15-04-2013
Formula dari paragraf argumentassi
di atas
Rasio,
dimana paragraf ini dibuat berdasarkan temuan yang ada di lapangan.
22-04-2013
Perbaikan paragraf di atas
Agar
mendapatkan generasi muda yang terampil dan bagus, maka pelaksanaan pendidikan
harus berkualitas. Sarana dan prasarana harus dilengkapi, pendidik dan tenaga
kependidikan haruslah disiplin dan
profesional, dan kenyamanan dalam belajar haruslah diciptakan. Sarana dan
prasarana yang kurang lengkap dapat menghambat jalannya proses pendidikan.
Misalnya saja gedung belajar yang tidak layak pakai. Apabila siswa-siswa
belajar di gedung tersebut, maka akan timbul ketidak nyamanan dalam belajar
sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak efektif. Begitu juga halnya
dengan seorang guru yang tidak disiplin dan tidak profesional dapat memberikan
dampak negatif terhadap anak didiknya.
17 Mei 2013
Paragraf yang menjelaskan tentang
“Pendidikan itu kompleks”
Pendidikan
yang kita rasakan saat ini terasa begitu kompleks. Segala unsur-unsur
pendidikan menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dalam meningkatkan mutu
pendidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan bekerja secara profesional. Begitu
juga sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses belajar mengajar telah
terpenuhi. Disiplin dan tata tertib pendidikan telah terlaksana sesuai dengan
visi dan misi pendidikan.
Paragraf dengan tema:
1.
Paragraf
deskripsi “Bunga itu indah”
Bunga
itu terlihat sangat indah. Warnanya cerah dengan mahkota bunga yang mekar dan
segar. Kelopak bunga yang di atasnya dihiasi putik dan benang sari. Batang yang
dihiasi daun yang hijau dan wangi bunga yang memperkuat keindahannya.
2.
Paragraf
argumentasi “Bunga itu menurut saya memang indah”
Menurut
saya bunga itu sangat indah. Warnanya yang cerah membuat mata terpesona
olehnya. Mahkota bunga yang mekar dan segar menyejukkan hati orang yang
melihatnya. Kelopak bunga yang di atasnya dihiasi putik dan benang sari nampak
serasi. Batang yang dihiasi daun-daun yang hijau. Wangi bunga yang memperkuat
keindahannya mengundang kupu-kupu untuk menambah kesempurnaan bunga tersebut.
3.
Paragraf
narasi “bunga itu berguguran”
Bunga
itu akhirnya berguguran. Dari kuncup bunga hingga mekar membutuhkan waktu yang
cukup lama. Setelah beberapa lama mekar, bunga itu kemudian menjadi layu. Bunga
yang layu tersebut akhirnya berguguran. Satu demi satu kelopaknya lepas dari
tangkai dan jatuh ke tanah.
4.
Paragraf
eksposisi “bunga itu beragam”
Bunga itu
beragam jenisnya, ada bunga mawar, melati, anggrek, lili dan masih banyak lagi.
Juga ada bunga raflessia atau yang kita kenal dengan bunga bangkai. Dalam satu
jenis bunga terdapat lagi pembagian, yakni seperti bunga mawar putih, mawar
merah dan lain-lain. Semuanya tersebut merupakan jenis bunga yang pernah kita
temui.
23 Mei 2013
Yang diterangkan (D) dan
menerangkan (M) pada paragraf di bawah ini
Paragraf
yang menjelaskan tentang “Pendidikan itu kompleks”
Pendidikan yang kita
rasakan saat ini terasa begitu kompleks. Segala unsur-unsur
D
M D
pendidikan menjadi satu
kesatuan yang saling mendukung dalam meningkatkan mutu
M
pendidikan. Pendidik dan tenaga
kependidikan bekerja secara profesional. Begitu juga sarana
D M
dan
prasarana
yang dapat menunjang proses belajar mengajar telah terpenuhi. Disiplin
dan
D
M
tata
tertib pendidikan
telah terlaksana sesuai dengan visi dan misi pendidikan.
D
M
Paragraf dengan tema:
1.
Paragraf
deskripsi “Bunga itu indah”
Bunga itu terlihat sangat
indah. Warnanya cerah dengan mahkota bunga yang
D M D M D
mekar
dan segar.
Kelopak bunga yang di atasnya dihiasi putik dan benang sari. Batang
M D
M D
yang
dihiasi daun yang hijau dan wangi bunga yang memperkuat
keindahannya.
M D M
2.
Paragraf
argumentasi “Bunga itu menurut saya memang indah”
Menurut saya bunga itu sangat
indah. Warnanya yang cerah membuat mata
D M D M D
terpesona olehnya. Mahkota
bunga yang mekar dan segar menyejukkan hati orang yang
M D M
melihatnya.
Kelopak bunga yang di atasnya dihiasi putik dan benang sari
nampak serasi.
D
M
Batang yang dihiasi
daun-daun yang hijau. Wangi bunga yang memperkuat
D M D
keindahannya mengundang kupu-kupu
untuk menambah kesempurnaan bunga tersebut.
M
D
M
3.
Paragraf
narasi “bunga itu berguguran”
Bunga itu akhirnya berguguran.
Dari kuncup bunga hingga mekar membutuhkan
D M D
waktu
yang cukup lama.
Setelah beberapa lama mekar, bunga itu kemudian menjadi
M
D M
layu. Bunga yang layu tersebut
akhirnya berguguran. Satu demi satu kelopaknya lepas
D M D
dari tangkai dan jatuh ke tanah.
M
4.
Paragraf
eksposisi “bunga itu beragam”
Bunga itu beragam
jenisnya, ada bunga mawar, melati, anggrek, lili dan masih
D M M
banyak lagi. Juga ada bunga
raflessia atau yang kita kenal dengan bunga bangkai. Dalam
D M
satu jenis bunga terdapat lagi pembagian, yakni seperti bunga
mawar putih, mawar
D M
merah dan lain-lain. Semuanya
tersebut merupakan jenis bunga yang pernah kita temui.
D M
08-06-2013
paragraf tentang “Peristiwa Terjadinya Tsunami di
Aceh
Pada
tanggal 26 Desember 2004 terjadi peristiwa tsunami terdahsyat yang melanda
daerah Aceh. Peristiwa tersebut menewaskan ± 230.000 jiwa dan merusak semua
infrastruktur yang ada di daerah tersebut. Peristiwa tsunami diawali dengan
gempa tektonik berkekuatan 8.5 SR hingga munculnya gelombang pasang yang
meluluh lantahkan Aceh. Kondisi tempat itu hingga sekarang masih dalam proses
perbaikan infrastruktur dan pembangunan kembali bangunan yang telah hancur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar